Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dapatkan Sekarang Juga !!

Dapatkan Sekarang Juga !!
Tips Perencanaan Asuransi Optimal
Caranya : Isi Fom Berikut Ini
Email, Nama Dpn, Nama Blkg,
Kemudian Klik "Subscribe"
Tips Akan Terkirim Ke Email Anda


Mengenal Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari asuransi itu sendiri, karena tidak akan ada pertanggungan dari asuransi jika tidak ada premi.

Apa itu premi asuransi?  Premi asuransi adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah ( tertanggung ) kepada pihak perusahaan asuransi ( penanggung ) sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan resiko serta kerugian yang sewaktu-waktu  mungkin akan diderita oleh tertanggung.

Premi yang anda bayarkan akan memberikan manfaat perlindungan secara finansial atas kemungkinan terjadinya risiko. Premi asuransi yang ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan profil calon nasabah, seperti jenis pekerjaan. Ini artinya, premi antara satu nasabah dengan nasabah lainnya bisa berbeda-beda tergantung ketentuan pihak perusahaan asuransi.


PREMI ASURANSI JUGA DIPENGARUHI PROFIL ANDA

Dalam hal membeli asuransi unit link, memang nasabah bisa bebas memilih berapapun jumlah premi yang diinginkan selama diatas ketentuan jumlah minimal. Namun mahal tidaknya premi asuransi yang berlaku pada masing - masing nasabah berbeda, dan itu bisa diukur dengan mudah.

Jika dengan besar premi tertentu bisa mendapatkan Uang Pertanggungan yang lebih besar, artinya premi asuransi anda lebih murah. Sebaliknya, dengan besaran premi tertentu tapi mendapatkan Uang Pertanggungan yang lebih sedikit, artinya anda mendapatkan premi yang mahal.

Perusahaan asuransi mempertimbangkan tingkat risiko calon nasabah dalam menetapkan besarnya premi asuransi. Jika tertanggung memiliki pekerjaan yang berisiko tinggi, tentu perusahaan asuransi akan mengenakan biaya premi asuransi yang lebih mahal. 
Umur juga berpengaruh, jika pada saat membeli asuransi usia sudah lanjut, maka premi akan mahal, karena akan mendapatkan Uang Pertanggungan yang kecil sekali. Sebaliknya, jika saat membeli asuransi jiwa usia masih muda, katakanlah dibawah 30 tahun, maka premi akan lebih murah karena Uang Pertanggungan akan lebih besar.

Contoh:

  • Seorang perokok akan membayar premi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa lebih mahal dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
  • Orang yang pekerjaannya sebagai pembersih dengan gondola pada gedung adalah pekerjaan berisiko tinggi, premi asuransi nya lebih tinggi dibandingkan pekerja kantor.
Lindungi masa depan anda dan keluarga dengan proteksi finansial yang memadai. Rencanakan manfaat asuransi optimal bersama Sun Life Syariah, pelajari : ilustrasi manfaat asuransi